The Use of Natural Learning Media to Increase Early Childhood Motivation in Learning
DOI:
https://doi.org/10.35719/gns.v4i1.135Keywords:
learning media, learning motivation, natural materialAbstract
This study aims to determine the use of natural media materials on early childhood learning motivation. The indicators of learning motivation observed were full of enthusiasm, self-confidence, and high concentration power. This study used observation, interview, and documentation methods with data analysis techniques, the Miles and Huberman models. The results showed that the use of natural materials such as turmeric, cherry leaves, rice, pebbles, and banana stems as media in early childhood learning can motivate children to carry out learning activities.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media bahan alam terhadap motivasi belajar anak usia dini. Indikator motivasi belajar yang diamati adalah penuh semangat, rasa percaya diri, dan daya konsentrasi yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan-bahan alami seperti kunyit, daun kersen, beras, batu kerikil, dan pelepah pisang sebagai media dalam pembelajaran anak usia dini dapat membuat anak termotivasi untuk melakukan aktivitas belajar.
References
Arianty, Arianty, and Sri Watini. “Implementasi ‘Reward Asyik’ Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Kelompok B Di TK Yapis II Baiturrahman.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 3 (2022): 939–44. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.515.
Asrori, Mohammad. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima, 2007.
Aulina, Choirun Nisak. “Penerapan Metode Whole Brain Teaching Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2018): 1–12. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1.
Dabis, Yuwita, Irvin Novita Arifin, and Rapi Us. Djuko. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Alam Terhadap Motivasi Belajar Anak Kelompok B.” Student Journal of Early Childhood Education 2, no. 1 (2022): 46–54.
Eliamah, Eliamah, Wahira Wahira, and Kahrul Alam. “Meningkatnya Motivasi Belajar Anak Usia Dini (AUD) Melalui Pembelajaran Sains.” EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 2 (2022): 71–81.
Fadlillah, Muhammad. Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoretik & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Fauziah, Nadia. “Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak.” VISI?: Jurnal Ilmiah Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal 8, no. 1 (2013): 23–30. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.0801.4.
Guslinda. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Media Publishing, 2018.
Hamdani, Nuraini Nasution, Muhammad Irfan, and Nurmayati. “Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Studi Kasus Di Raudatul Atfal Fathimaturridha Medan Tembung).” EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan 4, no. 2 (2020): 150–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47006/er.v4i2.8181.
Heriyanti, Novitasari Susi, M. Thamrin, and Desni Yuniarni. “Pemberian Motivasi Belajar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Mujahidin II Pontianak Timur.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 3, no. 8 (2014): 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i8.5915.
Laila, Azzah Nor, and Olyvia Revalita Candraloka. “Pemanfaatan Potensi Alam Sebagai Alat Permainan Edukatif Di PAUD Delima Jobokuto Jepara.” E-Dimas (Educations-Pengabdian Kepada Masyarakat) 10, no. 1 (2019): 76–82. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.2883.
Nurjanah, Elis, Imas Masidah, and Fifiet Fifiet. “Pengaruh Ape Dari Bahan Alam Terhadap Aspek Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun.” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) 1, no. 5 (2019): 7–12.
Oktari, Vanni Miza. “Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 11 (2017): 49–57. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i1.503.
Pebriana, Putri Hana. “Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2017). https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26.
Rahayu, Aning. “Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Simbol Angka 1-10 Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Pertiwi Gembosan Boyolali.” AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak 1, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/audiensi.vol1.no12022pp1-11.
Rohaeni, Heni, Indra Zultiar, and Asep Munajat. “Efektivitas Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 2 (2021): 4628–32. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1595.
Zahro, Wafa’ Maulida, and Giyoto. “Pemanfaatan Media Bahan Alam Sebagai Bentuk Kepedulian Anak Terhadap Lingkungan.” Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) 8, no. 2 (2021): 37–46.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ainul Hasanah, Raudlatul Firdausiyah, Siti Aliyah, Sri Idaman Khatimah, Ulfah Ulfah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is a human-readable summary of (and not a substitute for) the license. Disclaimer.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.