Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini di TKIT Cahaya Ananda Depok

Authors

  •   Ika Rahayu Satyaninrum  Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hamidiyah Jakarta,  Indonesia
  •   Lu'lu Habibah  Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hamidiyah Jakarta,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/gns.v2i1.37
 

Keywords:

early childhood, social behavior, parenting style

Abstract

Abstract

This study aimed to find out to know the influence of parenting style on the social behavior of children studied at TKIT Cahaya Ananda Depok West Java. This study conducted as a quantitative research and involved 61 parents as samples of the research. The data was collected using instruments in the form of a parenting style scale and early childhood social behavior scale. Based on the results of data analysis there is an effect of parenting style on early childhood social behavior with R square value of 0.465, it means that 46.5% of the social behavior variation on children in early childhood are influenced by parenting styles. But the remaining 53.5% are influenced by the other variables outside of this study. Democratic parenting has a positive and significant influence on early childhood social behavior, authoritarian parenting positively affects early childhood social behavior but not statistically significant, permissive parenting negatively affects early childhood social behavior and is statistically significant. 

 

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak usia dini yang bersekolah di TKIT Cahaya Ananda Depok Jawa Barat. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan sampel penelitian sebanyak 61 orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa skala pola asuh orang tua dan skala perilaku sosial anak usia dini. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak usia dini dengan nilai R square sebesar 0.465, dengan nilai tersebut berarti sebesar 46.5% bervariasinya perilaku sosial anak usia dini dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Sedangkan sisanya sebesar 53.5% dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar penelitian ini. Pola asuh demokratis memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku sosial anak usia dini. Sedangkan pola asuh otoriter secara positif mempengaruhi perilaku sosial anak usia dini tetapi tidak signifikan secara statistik, pola asuh permisif secara negatif mempengaruhi perilaku sosial anak usia dini dan signifikan secara statistik.

References

Agustin, Juntika Nurihsan Mubiar. Dinamika Perkembangan Anak Dan Remaja?: Tinjauan Psikologi, Pendidikan Dan Bimbingan. Bandung: Refika Aditama, 2013.

Asri, AA Sri. “Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 2, no. 1 (2018): 1–9.

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Bronfenbrenner, Urie. “Ecology of the Family as a Context for Human Development: Research Perspectives.” Developmental Psychology 22, no. 6 (1986).

Dewi, Ratna Sari. “Perilaku Anti Sosial Pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1, no. 2 (2015).

Farrell, Giselle. “The Relationship Between Parenting Style and the Level of Emotional Intelligence in Preschool-Aged Children.” Philadelphia College of Osteopathic Medicine, 2015.

Himmah, Faiqotul, and Festa Yumpi Rahmanawati. “Perilaku Prososial Anak Usia Dini Di Sentra Bermain Peran TK Al-Furqon Jember.” Insight 9, no. 1 (2013): 1–15.

Hurlock, Elizabeth Bergner. Perkembangan Anak. Edited by Agus Dharma. Jakarta: Erlangga, 2003.

Idris, Meity H. Pola Asuh Anak?: Melejitkan Potensi Dan Prestasi Sejak Usia Dini. Jakarta: Luxima, 2012.

Izzaty, Rita Eka. Perilaku Anak Prasekolah. Jakarta: PT Elex Media Kompetindo, 2017.

Kay, Janet, Natan Arya, and Monica. Pendidikan Anak Usia Dini?: Mengelola Perilaku Anak Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanisius, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks, 2013.

Susanto, Ahmad. Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep Dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Suyadi, and Dahlia. Implementasi Dan Inovasi Kurikulum Paud 2013?: Program Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Tridhonanto, Al., and Beranda Agency. Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Kompetindo, 2014.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).

Yunarwati, Zhakyah. Inspiring Moms?: Memotivasi Anak Dengan Cara Mudah Dan Menyenangkan. Jakarta: PT Elex Media Kompetindo, 2016.

Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Downloads

Published

29-06-2021

How to Cite

Satyaninrum, Ika Rahayu, and Lu’lu Habibah. 2021. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini Di TKIT Cahaya Ananda Depok”. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education 2 (1):15-30. https://doi.org/10.35719/gns.v2i1.37.