Penerapan Peraturan dan Prosedur terhadap Pembentukan Kedisiplinan Siswa Taman Kanak-Kanak dalam Pembelajaran Daring

DOI:
https://doi.org/10.35719/gns.v2i2.53Keywords:
peraturan dan prosedur, konsistensi, kedisiplinan, siswa taman kanak-kanakAbstract
Abstract
Forming the discipline of kindergarten children is essential based on their development. They have not been able to think about the consequences of what they do. At this stage of development, students need educators with integrity to facilitate students in forming their discipline character. The fact of the problem was found by students’ behavior which less discipline by not obeying rules and procedures in the classroom. The purpose of writing is to determine the impact by rules and procedures that are applied consistently in forming kindergarten discipline during online learning through the qualitative descriptive method on practicum results and other relevant journals. Rules and procedures that are applied consistently in the classroom aim to familiarize students so that they can build their discipline. As a result, rules, and procedures that are applied consistently have a positive impact on changing the students’ behavior. The advice that the author gives to the kindergarten teacher in building students discipline is to be able to find other disciplinary methods.
Abstrak
Pembentukan kedisiplinan siswa TK merupakan hal penting, di mana berdasarkan perkembangannya, mereka belum dapat memikirkan konsekuensi atas tindakan yang dilakukannya. Pada tahap perkembangan tersebut, siswa TK membutuhkan seorang pendidik dengan integritas yang benar untuk dapat memfasilitasi pembentukan karakter kedisiplinan mereka. Fakta permasalahan yang didapati, adanya perilaku siswa yang kurang disiplin selama pembelajaran dengan tidak menaati peraturan dan prosedur yang berlaku. Tujuan penelitian penulisan paper ini ialah mengetahui pengaruh penerapan peraturan dan prosedur terhadap pembentukan kedisiplinan siswa Taman Kanak-Kanak pada pembelajaran daring, melalui metode penelitian deskriptif kualitatif terhadap hasil praktikum, dan jurnal-jurnal yang relevan. Peraturan dan prosedur yang diterapkan secara konsisten dalam kelas bertujuan untuk membiasakan siswa akan keteraturan sehingga hal tersebut dapat membentuk kedisiplinan siswa. Sesuai dengan hasil penelitian yang penulis lakukan pada salah satu kelas di sebuah Taman Kanak-Kanak, penulis mendapati bahwa penerapan peraturan dan prosedur secara konsisten, memberikan pengaruh terhadap perubahan perilaku kurang disiplin ke arah yang positif. Saran diberikan dalam membentuk kedisiplinan siswa untuk menggunakan metode pendisiplinan lain yang sesuai dengan karakter siswa TamanKanak-Kanak.
References
Cahyaningrum, Eka Sapti, Sudaryanti Sudaryanti, and Nurtanio Agus Purwanto. “Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan.” Jurnal Pendidikan Anak 6, no. 2 (2017): 203–13. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707.
Fitriani, Rohyana, and Rabihatun Adawiyah. “Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age Hamzanwadi University 3, no. 1 (2018): 25–34. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742.
Hendra, Vitaurus. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Kasih Dan Disiplin Kepada Anak Usia 2-6 Tahun Sebagai Upaya Pembentukan Karakter.” KURIOS?: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2015): 48–65. https://doi.org/https://doi.org/10.30995/kur.v3i1.29.
Kharisma, Canggih, and Suyatno. “Peran Guru Dalam Menanamkan Karakteri Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Bleber 1 Prambanan Sleman.” Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) 1, no. 2 (2018): 131–39. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i2.656.
Kumayas, Novia Salfrien, and Wiputra Cendana. “Penerapan Peraturan Dan Prosedur Kelas Guna Mendisiplinkan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Virtual.” Jurnal Elementaria Edukasia 4, no. 1 (2020): 25–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jee.v4i1.3037.
Mackenzie, Robert J., and Lisa Stanzione. Setting Limits in the Classroom, 3rd Edition: A Complete Guide to Effective Classroom Management with a School-Wwide Discipline Plan. 3rd ed. New York: Three Rivers Press, 2010.
Noviyanti, Ayu Kristiana, and Eunice Widyanti Setyaningtyas. “Partisipasi Pembelajaran Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Classroom Rules.” Journal of Educational Research and Evaluation 1, no. 2 (2017). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jere.v1i2.10071.
Prasetyo, Nana. Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.
Raco, Jozef R. Metode Penelitian Kualitatif?: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Edited by Arita L. Jakarta: Grasindo, 2010.
Rukin. Metodologi Penelitian Kualitatif. 1st ed. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2019.
Sit, Masganti. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. 1st ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2017.
Sukarna. “Integritas Seorang Pendidik.” Jurnal Teologi Gracia Deo 1, no. 1 (2018): 14–22. https://doi.org/https://doi.org/10.46929/graciadeo.v1i1.18.
Suradi. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah.” Briliant?: Jurnal Riset Dan Konseptual 2, no. 4 (2017): 522–33. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i4.104.
Thompson, Ross. “Social and Personality Development in Childhood.” In Introduction to Psychology: The Full Noba Collection. Champaign, Illinois: DEF Publisher, 2021.
Wiyani, Novan Ardy, and Rose Kusumaning Ratri. Manajemen Kelas?: Teori Dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas Yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Cicilya Margareta Naibaho, Wiputra Cendana, Tia Kartika Araini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is a human-readable summary of (and not a substitute for) the license. Disclaimer.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.