The Relevance of the Concept of Islamic Parenting to the 2013 Curriculum and the Merdeka Curriculum in Early Childhood Education

Authors

  •   Niken Kusuma Hapsari  Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung,  Indonesia
  •   Hasanal Khuluqi  Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/gns.v4i1.120
 

Keywords:

prophetic parenting, 2013 curriculum, merdeka curriculum

Abstract

Children's behavior and personality are mainly influenced by their closest ones, families. Therefore, parents must understand various parenting strategies to nourish their offspring with as many good values as possible, especially those stemming from Rasulullah's practices (prophetic parenting). Parents and even teachers need to realize that to shape the younger Muslim generation, and they must rely heavily on the fundamental religious text of Islam, which are the Quran and Hadith, in their daily life and even in the schooling system. This qualitative study which was conducted as library research, focused on the concept of prophetic parenting from the perspective of Jamal Abdurrahman and Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid, which then compared to two Indonesia curriculum documents, namely the 2013 curriculum and the Merdeka curriculum. It was found that: (1) the concept of prophetic parenting covered the aspects of child development and (2) the concept of prophetic parenting from Jamal Abdurrahman and Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid's viewpoint was relevant to the six aspects of child development according to the regulation of the minister of education and culture of Indonesia Number 146 regarding the 2013 Curriculum – namely (a) moral and religious values development; (b) cognitive development, (c) physical and motor development; (d) language development; (e) social-emotional development; (f) art development, and the three learning outcomes in the Merdeka Curriculum in early childhood education level – namely, (a) character and religious values; (b) true-self; and (c) the basics of literacy and STEAM.

 

Abstrak

Keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama yang sangat berpengaruh pada pembentukan kepribadian anak. Untuk itu, dalam proses mendidik anak, kedua orang tua sudah sepatutnya memiliki ilmu dan wawasan terkait berbagai cara terbaik dalam mendidik anak; terutama metode mendidik yang merujuk pada Rasulullah saw (Prophetic Parenting). Hal ini dikarenakan untuk membentuk generasi muslim yang shalih, tentu tidak akan terlepas dari dua pondasi Islam yang utama, yaitu al-Quran dan al-Hadits. Fokus penelitian kualitatif dengan pendekatan library research ini adalah konsep prophetic parenting menurut Jamal Abdurrahman dan Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid serta relevansinya terhadap enam aspek perkembangan sesuai dengan Permendikbud Nomor 146 tentang kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dan Kurikulum Merdeka pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Hasil kajian menunjukkan bahwa: (1) konsep prophetic parenting yang ditawarkan oleh Jamal Abdurrahman dan Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid mencakup beberapa aspek yang dibutuhkan dalam perkembangan anak usia dini; (2) konsep prophetic parenting yang ditawarkan oleh Jamal Abdurrahman dan Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid relevan dengan enam aspek perkembangan anak usia dini sesui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tentang kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, antara lain (a) perkembangan nilai agama dan moral; (2) perkembangan kognitif, (c) perkembangan fisik motorik; (d) perkembangan bahasa; (e) perkembangan social emosional; (f) perkembangan seni serta tiga capaian pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini dalam Kurikulum Merdeka Pendidikan Anak Usia Dini, yaitu (a) nilai agama dan budi pekerti; (b) jati diri; dan (c) dasar-dasar literasi, matematika, sains, teknologi, rekayasa, dan seni (STEAM).

References

Ali Nugraha, dkk, Pengelolan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, 2015.

Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2022.

Capaian Pembelajaran untuk Satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA). Diakses pada 08 Desember 2022 pada http://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/Capaian-Pembelajaran-PAUD.pdf

Eka Retnaningsih, L., U. Khairiyah, and S. Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau. "Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8 (2), 143–158." (2022). Diakses dari http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1223/737

Enah Suminah, dkk. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, 2015.

Hasnida, Panduan Pendidikan Dalam Mengimplementasikan Kurikulum PAUD 2013. Jakarta : PT.Luxima Metro Media, 2016.

Hasnida, Panduan Pendidikan Dalam Mengimplementasikan Kurikulum PAUD, 2013.

Hodiqotul Luluk, dkk., Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Banten: Universitas Terbuka, 2017.

Maria Melita Raharadjo & Sisilia Maryati. Buku Panduan Guru: Pengembangan Pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2021.

Marsh, J.C., M. Clarke, Pittaway S. How students develop and learn. In Monash University (Eds.), Understanding Learning (pp. 31–54). Sydney, NSW: Pearson Australia, 2014.

Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid. Manhaj at-Tarbiyah an-Nabawiyyah lith Thifl. Dâr Ibnu Katsir, 2009.

Najeela Shihab. Keluarga Kita: Mencintai dengan Lebih Baik. Tangerang: Penerbit Buah Hati, 2002.

Permendikbud Nomor 146 Tahun 2013 tentang kurikulum 2013 PAUD

Sari, Milya, and Asmendri Asmendri. "Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA." Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA 6, no. 1 (2020): 41-53. Diakses dari https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159

Suyadi and Dahlia, Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013 Program Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Hairina, Yulia. "Prophetic parenting sebagai model pengasuhan dalam pembentukan karakter (akhlak) anak." Jurnal Studia Insania 4, no. 1 (2016): 79-94.

Downloads

Published

29-06-2023

How to Cite

Hapsari, Niken Kusuma, and Hasanal Khuluqi. 2023. “The Relevance of the Concept of Islamic Parenting to the 2013 Curriculum and the Merdeka Curriculum in Early Childhood Education”. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education 4 (1):45-64. https://doi.org/10.35719/gns.v4i1.120.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.