The Prophet Ibrahim's Parenting Style in the Quran

Authors

  • Ira Saputra Milsih UIN Imam Bonjol Padang
  • Zahra Baiti Nur Azizah UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.35719/gns.v3i1.77

Keywords:

parenting style, prophet ibrahim, quran, children

Abstract

This study discusses the parenting of Prophet Ibrahim towards his children in the Qur'an, intending to provide explanations and examples that parents must imitate about how to nurture children today. The method used in this paper is the thematic method. In writing this research, the data collection technique that the author uses is through documents in the form of written works. This stage includes reading, understanding, and reviewing books through comments from commentators and writings related to the author's research. Because this method concerns the problem of the verses of the Quran, the verses discussed in this study are Surah Ash-Shaaffat verse 100, Surah Ibrahim verse 37, Surah al-Baqarah verse 132, surah Ibrahim verse 40, and surah Ash-Shaaffat verses 102-103. The results of this study indicate that Prophet Ibrahim's upbringing includes efforts to approach God by praying to be blessed with pious children, preparing a conducive environment, instilling monotheism in children from an early age, instilling personal piety in children, building good communication with children, as well as instilling the value of hard work.

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pola asuh Nabi Ibrahim terhadap anaknya di dalam Al-Quran dengan tujuan memberikan penjelasan dan contoh yang dapat diteladani oleh orang tua tentang bagaimana pola asuh anak yang Islami agar dapat melahirkan generasi yang baik, mandiri, percaya diri dan berakhlakul karimah sesuai yang diajarkan Al-Quran. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kualitatif dengan analisis secara tematik. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan melalui dokumen dalam bentuk karya tulis. Hal ini dilakukan dengan cara membaca, memahami serta menelaah buku-buku, baik yang berupa tulisan dari para ahli tafsir maupun tulisan yang berhubungan dengan penelitian penulis. Karena metode ini menyangkut masalah ayat-ayat Al-Quran secara langsung, maka ayat-ayat yang secara khusus dibahas dalam penelitian ini adalah: surah Ash-Shaaffat ayat 100, surah Ibrahim ayat 37, surah al-Baqarah ayat 132, surah Ibrahim ayat 40, surah Ash-Shaaffat ayat 102-103, dan surah al-Baqarah ayat 127. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa pola asuh Nabi Ibrahim diwarnai oleh usaha pendekatan diri kepada Allah dengan berdoa dianugerahi anak yang saleh, menyiapkan lingkungan yang kondusif, menanamkan tauhid kepada anak sejak dini, menanamkan keshalehan personal kepada anak, membangun komunikasi yang baik dengan anak, serta menanamkan nilai kerja keras.

References

Abduh, M. “Pendidikan Ala Nabi Ibrahim As,” n.d.

Abdul-Baqi, Muhammad Fu’ad. Al-Mu’jam Al-Mufahras Li Alfaz Al-Qur’an Al-Karim. Beirut: Dar al-fikr, 1981.

Akbar, Shofi Hidayatullah. “Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak (Keteladanan Keluarga Nabi Ibrahim Di Dalam Al-Qur’an).” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021.

Al-Badrawiy, Rusydi. Qashash Al-Anbiya’ Wa at-Tarikh. 1st ed. Kairo, 2006.

Al-Mahalli, Jalaluddin Muhammad bin Ahmad, and Abu al-Fadl Abdur Rahman bin Abu Bakar bin Muhammad Jalaluddin Al-Suyuthi. Tafsir Jalalain. Depok: Fathan, 2020.

Al-Maraghi, Ahmad Mushthafa. Tafsir Al-Maraghi. Semarang: CV Toha Putra, 1993.

Alawiyah, Tuti. “Idealita Keluarga Ibrahim a.s. Dalam Perspektif Tafsir Fi Zhilalil Qur’an.” UIN Raden Intan Lampung, 2018.

Aman, Moh. “Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Kemandirian Anak Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Al-Muyassar: Journal of Arabic Education 1, no. 1 (2022): 87–109. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v1i1.5813.g3267.

Ar-Rifa’i, Muhammad Nasib. Kemudahan Dari Allah: Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Gema Insani Press, 2011.

As-Sadlan, Shalih bin Ghanim. Kajian Lengkap Shalat Jamaah. Jakarta: Darul Haq, 2017.

Ash-Shabuni, Syaikh Muhammad Ali. Shafwatut Tafasir: Tafsir-Tafsir Pilihan. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2011.

Ath-Thahir, Hamid Ahmad. Kisah-Kisah Al-Qur’an Untuk Anak. Edited by Sumbodo and Eni Oesman. Translated by Ahmad Hotib. Yogyakarta: Lontar Mediatama, 2017.

Aulia, Rahmadianti. “Peran Ayah Dalam Pengasuhan: Tinjauan Kisah Nabi Ibrahim Dan Nabi Ismail Dalam Al-Qur’an.” Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam 9, no. 2 (2017): 112–17.

Az-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir. Edited by Malik Ibrahim. Jakarta: Gema Insani Press, 2016.

Bahri, Nurul Utami. “Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Dalam Kisah Nabi Ibrahim.” UIN Syarif Hidayatullah, 2013.

Casmini. Emotional Parenting. Yogyakarta: Pilar Medika, 2007.

Dianawati, Ajen, and Budi Hariyanto. Kisah Nabi Ibrahim. 1st ed. Jakarta: Agromedia Pustaka, 2004.

El-Fikri, Syahruddin. Situs-Situs Dalam Al Quran?: Dari Hebron Hingga Borobudur. Edited by Andriyati. Jakarta: Republika, 2013.

Euis, Sunarti. Mengasuh Anak Dengan Hati. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2004.

Fitriani, Listiya. “Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak.” Lentera 18, no. 1 (2015): 93–110. https://doi.org/10.21093/lj.v17i1.431.

H, Sarto Al Syarif, and Fadlil Munawwar Manshur. “Metode Pendidikan Profetik Dalam Al-Qur’an: Kajian Ayat-Ayat Kisah Nabi Ibrahim As.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 5, no. 1 (2017).

Halim, Adil Musthafa Abdul. Kisah Bapak Dan Anak Dalam Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press, 2007.

Hamka, Buya. Tafsir Al-Azhar. Depok: Gema Insani Press, n.d.

Hidayat, Deden Syarif. 365 Doa Dan Zikir. Edited by Yadi Saeful Hidayat. 3rd ed. Bandung: Mizania, 2016.

Idrus, Ratna Dewi. Agar Anak Kita Seperti Nabi Ismail. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015.

Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. 10th ed. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Maulana, Ziedan. Mutiara Kisah 25 Nabi & Rasul. Surabaya: Amelia, n.d.

Nata, Abuddin. Islam Dan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Kencana, 2018.

Pratt, Michael W., Eva E. Skoe, and Mary Louise Arnold. “Care Reasoning Development and Family Socialisation Patterns in Later Adolescence: A Longitudinal Analysis.” International Journal of Behavioral Development 28, no. 2 (2004): 139–47. https://doi.org/10.1080/01650250344000343.

Rahman, Zainur. “Aktualisasi Pendidikan Akhlak Anak Dalam Keluarga Nabi Ibrahim As.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2013.

RI, Kementerian Agama. Al-Qur’an Dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi, 2010.

Sani, Ridwan Abdullah, and Muhammad Kadri. Pendidikan Karakter?: Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Shihab, M. Quraish. Kaidah Tafsir. Edited by Abd. Syakur DJ. 1st ed. Tangerang: Lentera Hati, 2013.

Shihab, M Quraish. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Sunarty, Kustiah. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Kemandirian Anak.” EST: Journal of Educational Science and Technology 2, no. 3 (2016): 152–60. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3214.

Suprapto. “Konsep Pendidikan Anak Nabi Ibrahim a.s. Dalam Al-Qur’an.” Mutsaqqafin: Jurnal Pendidikan Islam Dan Bahasa Arab 2, no. 1 (2019): 47–71. https://doi.org/https://doi.org/10.46257/mutsaqqafin.v2i01.46.

Syaikh, Abdullah bin Muhammad bin ’Abdurrahman bin Ishaq Alu. Tafsir Ibnu Katsir. Translated by M. Abdul Ghoffar. Bogor: Pustaka Imam As-Syafi’i, 2004.

Syarif, Andi Raita Umairah. “Peran Nabi Ibrahim Sebagai Ayah (Penggunaan Metode Maudhu’i Dalam Menafsirkan Al-Qur’an).” Al-Munir: Jurnal Studi Ilmu AlQur’an Dan Tafsir 3, no. 1 (2021): 175–222. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/al-munir.v3i01.92.

Thalib, Syamsul Bachri. Psikologi Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. 1st ed. Jakarta: Kencana, 2010.

Zahra, Dwi Noviatul, and Nurul Aisyah. “Pembelajaran Model Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an Terhadap Kisah Nabi Ibrahim.” QuranicEdu: Journal of Islamic Education 1, no. 2 (2022): 131–54.

Downloads

Published

2022-06-11

How to Cite

Milsih, Ira Saputra, and Zahra Baiti Nur Azizah. 2022. “The Prophet Ibrahim’s Parenting Style in the Quran”. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education 3 (1):23-42. https://doi.org/10.35719/gns.v3i1.77.