Optimizing Islamic Character for Early Childhood Through Memorizing Hadith

Authors

  •   Ervina Ervina  Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya,  Indonesia
  •   Devi Oktavia  Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya,  Indonesia
  •   Isnawati Isnawati  Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya,  Indonesia
  •   Anida Rahmi  Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya,  Indonesia
  •   Neela Afifah  Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/gns.v4i1.113
 

Keywords:

early childhood, memorizing hadith, islamic character values

Abstract

Many character values are contained in learning Hadith. It needs to be developed and optimized through memorizing the Hadith, especially in early childhood, who need basic religious knowledge. This study aimed to examine the application of Hadith habituation as an inculcation of Islamic character values in early childhood. The research was conducted at an Islamic kindergarten in Palangka Raya, Indonesia. The research method used is qualitative. Data collection was carried out through observation, interviews, and documentation. The data analysis technique uses the Miles, Huberman, and Saldana models, carried out through three stages: condensing, presenting, and drawing conclusions. The research results revealed that the application of Hadith memorization in early childhood can help the development of moral and religious values, language development, and children's memory. Children are not only required to memorize but also be able to pronounce correctly and apply it in everyday life. The hadith memorization method is applied in a group of study centers, namely Imtaq centers. The memorized hadiths are short because they are adapted to the abilities of early childhood. Supported by daily habit and repetition, children become more familiar with the Hadith introduced by the teacher.

 

Abstrak

Banyak nilai karakter yang terkandung dalam pembelajaran Hadits. Hal tersebut perlu dikembangkan dan dioptimalkan salah satunya melalui hafalan Hadist. Khususnya pada anak usia dini yang membutuhkan pengetahuan dasar tentang ilmu agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji terkait penerapan pembiasaan Hadits sebagai penanaman nilai karakter Islami pada anak usia dini. Penelitian dilakukan di sebuah taman kanak-kanak islam di Palangka Raya, Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu data dianalisis dengan kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh mengungkapkan bahwa penerapan hafalan Hadits pada anak usia dini dapat membantu perkembangan nilai moral dan agama, perkembangan bahasa, dan daya ingat anak. Anak-anak tidak hanya dituntut untuk hafal namun juga bisa melafalkan dengan benar dan mampu menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Penerapan metode hafalan hadits dilakukan dalam suatu kelompok sentra belajar, yaitu sentra Imtaq. Hadits-hadits yang dihafal adalah hadits pendek, karena disesuaikan dengan kemampuan anak usia dini. Dengan didukung oleh pembiasaan setiap hari dan juga pengulangan, anak-anak menjadi semakin akrab dengan hadits yang diperkenalkan oleh guru.

References

Afendi, A R, R Hamdani, U S Harisa, and ... “Kegiatan Pembelajaran Berbasis Islam Di PAUD.” Dirasat: Jurnal … 8, no. 1 (2022): 117–30.

Ainin, Nur, Armanila, and Muhammad Riduan Harapan. “Pembiasaan Pola Hafalan Ayat Pendek Pada Anak Usia Dini Di Ra Luqman Ak-Hakim, Kalangan, Tapanuli Tengah.” Hibrul Ulama?: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keislaman 3, no. 2 (2021): 33.

Al-Kha??b, M. ‘Ajj?j. U??l Al-?ad??:‘Ul?muhu Wa Mu??al??uhu. Beirut: D? ral-Fikr, 1989.

Al-Tarmasi, Muhammad Mahfudz ibn Abdillah. Manhaj Al-Nazar. Jeddah: al-Haramain, 1974.

Ali, Mahdi M. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Usia Dini Mahdi.” Jrnal Edukasi 1, no. 2 (2015): 190–215.

Amelin, Risanti, Syahrul Ramadan, and Erizal Gani. “Memahami Bahasa Anak Usia 14 Bulan Melalui Unsur Non-Linguistik.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2019): 146–52. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.155.

Ansori, Isa. “Tafsir Al-Qur’an Dengan Al-Sunnah.” KALAM 11, no. 2 (2017): 523–544. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/klm.v11i2.1772.

Ardiansari, Bina Fitriah, and Dimyati Dimyati. “Identifikasi Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 1 (2021): 420–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926.

Ath-Thabrani, Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad al-Lakhmiy. Al-Mu’jam Al-Ausath. Kairo: Dar-Al Haramain, 1415.

Atin Risnawati, and Dian Eka Priyantoro. “Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran | As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.” As-Sibyan 6, no. 1 (2021): 1–16.

Chasanah, Udzlifatul. “Urgensi Pendidikan Hadis Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.” Jurnal Living Hadis 2, no. 1 (2018): 83. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2017.1357.

Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Dictionary.com. “Golden Age Definition & Meaning,” n.d. https://www.dictionary.com/browse/golden-age.

Falhatunnisa, Izma, and Tika Santika. “Persepsi Keluarga Tentang Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pembentukan Karakter.” Journal of Community Education 1, no. 1 (2020): 1–6.

Fitriani, Laily. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Islami Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Berkisah.” In Proceedings of The 3 Rd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018.

Gani, Burhanuddin Abd. “Periwayatan Hadis Dengan Makna Menurut Muhadditsin.” Jurnal Ilmiah Al-Mu Ashirah: Media Kajian Al-Qur’an Dan Al-Hadits Multi Perspektif 16, no. 1 (2019): 32–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jim.v16i1.5739.

Isnaeni, Rizki Faizah, and Muhammad Alfatih Suryadilaga. “Pendidikan Hadis Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Studi Hadis Nusantara 2, no. 1 (2020). https://doi.org/10.24235/jshn.v2i1.6745.

Juliana, Juliana. “Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak Menghafal Hadits Melalui Metode Gerakan.” A?f?lun?: Journal of Islamic Early Childhood Education 1, no. 2 (2018): 59–63. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v1i2.923.

Lailan, Alfina. “Alfina Lailan , Model Pembelajaran ...” An-Nahdhah 10 (2017): 191–202.

Latif, Mukhtar, Zukhairina, Rita Zubaidah, and Muhammad Afandi. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini?: Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Kencana, 2013.

Majah, Ibnu. Sunan Ibnu Majah. Beirut, n.d.

Malikhah, Fatikhatul, and Rohinah. “Penerapan Metode Gerakan Untuk Menghafal Hadis Pada Anak.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 4, no. 1 (2019): 25–34. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-03.

Marlina, Marlina. “Teori Behavior Dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Surat Pendek Al-Quran.” Irsyad?: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam 6, no. 4 (2018): 407–26. https://doi.org/10.15575/irsyad.v6i4.907.

Maulana, Luthfi, Muhammad Arif Rasyid Ridha, and Andi Murni. “Fenomena Living Hadis Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” Khazanah Theologia 2, no. 3 (2020): 142–52. https://doi.org/10.15575/kt.v2i3.10331.

Maulin, Fadlun, Lizza Suzanti, and Rr. Deni Widjayatri. “Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Senam Fantasi.” EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2019): 52–61. https://doi.org/10.17509/ebj.v1i1.26513.

Munastiwi, Erni. “Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 2 (2019): 369–80. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-09.

Muslihah, Eneng. Ilmu Pendidikan Islam. Banten: Diadit Media, 2011.

Mustofa, Bisri. “Analisis Hadis Tentang Proses Pembelajaran Yang Mudah Dan Menyenangkan.” Jurnal Pigur 2, no. 1 (2017): 175–93.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010, Pub. L. No. 16 (2010).

Purbawati, Christina, Laili Etika Rahmawati, Lathifah Nurul Hidayah, and Lupita sari Pitra Wardani. “Tingkat Partisipasi Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Refleksi Edukatika?: Jurnal Ilmiah Kependidikan 11, no. 1 (2020): 102–8.

Ramdhani, Sandy, Nur Adiyah Yuliastri, Siti Diana Sari, and Siti Hasriah. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Storytelling Dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2019): 153–60. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108.

Riqqoh, Siti, Ahmad Syaiku, and Andi Musda Mappapoleonro. “Penerapan Pembelajaran Hafalan Hadits Pada Usia 5-6 Tahun.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara I 022, no. 1 (2020): 142–54.

Scharf, Rebecca J., Graham J. Scharf, and Annemarie Stroustrup. “Developmental Milestones.” Pediatrics in Review 37, no. 1 (2016): 25–38. https://doi.org/https://doi.org/10.1542/pir.2014-0103.

Suparta, Munzier. Ilmu Hadis. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Uce, Loeziana. “The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak.” Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 1, no. 2 (2015): 77–92. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.1322.

Ulum, Moh. Syaeful, and Iip Ropikoh. “Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak Melalui Metode One Day One Hadits Pada Anak Usia Tk (Di Madrasah Baitul Hikmah Naringgul Tegallega Bungbulang Garut).” WALADUNA?: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, no. 1 (2018): 58–70.

White, William A. “Childhood: The Golden Period for Mental Hygiene.” The ANNALS of the American Academy of Political and Social Science 98, no. 1 (1921): 54–60. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/00027162210980010.

Wilyanita, Nopa, and Utari Tri Wahyuni. “Analisis Pemilihan Media Pembelajaran Sentra Imtaq Di Tk Negeri Pembina 3 Pekanbaru.” KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education 1, no. 2 (2019): 143. https://doi.org/10.24014/kjiece.v1i2.6297.

Yasin Nurfalah. “Penanaman Nilai-Nilai… Oleh: Yasin Nurfalah” 29 (2018): 85–99.

Yusuf, Muhammad, Laela Lindi Sestia, Hasanuddin, and Mawaddah. “Hakikat Dan Tujuan Pendidikan Islam.” Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2022): 204–213.

Downloads

Published

30-06-2023

How to Cite

Ervina, Ervina, Devi Oktavia, Isnawati Isnawati, Anida Rahmi, and Neela Afifah. 2023. “Optimizing Islamic Character for Early Childhood Through Memorizing Hadith”. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education 4 (1):93-108. https://doi.org/10.35719/gns.v4i1.113.

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.