Improving Early Childhood Language Skills by Telling Stories Using Finger Puppets: A Classroom Action Research

Authors

  • Wedya Puspita Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nurhafit Kurniawan Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/gns.v5i1.155

Keywords:

finger puppet, language skill, storytelling

Abstract

Language is a tool that humans use to communicate in everyday life. For early childhood children, language is used to convey what they think, what they want, their hopes, requests, etc. This research aims to improve language skills through storytelling using finger puppets for Group A students at PKK Ika Karya Bhakti Kindergarten Probolinggo. The method used in this research is Classroom Action Research. The researcher intends to solve problems in the form of speaking skills of 13 out of 17 children in pronouncing sentences when answering and telling stories about experiences or events that have yet to develop optimally. This research shows that the language method using finger puppets can improve language skills in Group A children at PKK Ika Karya Bhakti Probolinggo Kindergarten. It is shown by the increase in language skills from pre-action children's language skills by 48%, in Cycle I to 72.4%, and in Cycle II increasing again to 83.8%.

 

Abstrak

Bahasa merupakan alat yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Bagi anak usia dini bahasa digunakan sebagai alat untuk menyampaikan apa yang dipikirkan, apa yang diinginkannya, harapannya, permintaannya, dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah upaya peningkatan kemampuan bahasa melalui bercerita menggunakan media boneka jari Pada Siswa Kelompok A TK PKK Ika Karya Bhakti Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), Peneliti bermaksud memecahkan masalah berupa keterampilan berbicara 13 dari 17 anak dalam mengucapkan kalimat saat menjawab dan menceritakan pengalaman atau kejadian yang belum berkembang dengan optimal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode berbahasa dengan media boneka jari dapat meningkatkan keterampilan berbahasa pada anak Kelompok A TK PKK Ika Karya Bhakti Probolinggo. Hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan keterampilan berbahasa dari pratindakan keterampilan berbahasa anak sebesar 48%, meningkat pada Cycle I menjadi 72,4%, dan pada Cycle II meningkat lagi menjadi 83,8%.

References

Arikunto, Suharsimi, Supardi, and Suhardjono. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Dadan Suryana. “Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak.” Jurnal Pesona: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora 2, no. 1 (2014): 65–72.

I??tan, Sonnur, and Özcan Do?an. "An Examination of 1st, 2nd and 3rd Grade Elementary School Students' Storytelling Skills Based on Narrative Analysis." Education and Science 40, no. 177 (2015): 175–86. https://doi.org/10.15390/EB.2015.2167.

Kemmis, Stephen, Robin McTaggart, and Rhonda Nixon. The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer, 2014.

Kusuma, Wijaya, and Dedi Dwitagama. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks, 2012.

Made, Anggreni Ni, Putu Aditya Antara, and Putu Rahayu Ujianti. “Implementasi Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 4, no. 2 (2016). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7803.

Madyawati, Lilis. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. 2nd ed. Jakarta: Kencana, 2016.

Mursid. Belajar Dan Pembelajaran PAUD. 1st ed. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Nuriani, Ni Wayan, I Wayan Lasmawan, and I Made Sutama. “Efektivitas Metode Bercerita Dengan Alat Peraga Tiruan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dan Minat Belajar Anak Di Kelompok B Tk.Barunawati Denpasar - Bali.” Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha 4, no. 1 (2014).

Puspasari, Dini, Samidi, and Chumdari. “Penggunaan Media Boneka Jari Untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Pada Siswa Sekolah Dasar.” Didaktika Dwija Indria 4, no. 12 (2016): 1–6.

Rahayu, Aprianti Yofita. Anak Usia TK: Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: Indeks, 2013.

Santrock, John W. Masa Perkembangan Anak. Translated by Verawaty Pakpahan. Jakarta: Salemba Humanika, 2011.

Sari, Cici Ratna, Dadan Suryana, and Rismareni Pransiska. “Keterlambatan Bicara Anak Usia 5 Tahun.” In Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar "Menyongsong Transformasi Pendidikan Abad 21, 2018.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. 1st ed. Jakarta: Kencana, 2014.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Puspita, Wedya, and Nurhafit Kurniawan. 2024. “Improving Early Childhood Language Skills by Telling Stories Using Finger Puppets: A Classroom Action Research”. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education 5 (1):1-12. https://doi.org/10.35719/gns.v5i1.155.