Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Lagu Anak
DOI:
https://doi.org/10.35719/gns.v2i1.39Keywords:
building up process, character values, children's character, children's songAbstract
Abstract
This study aims to describe the process of establishing character values ??through children's songs. The current phenomenon shows that good character values ??among children have begun to fade away. Factors causing the fading of children's character are the crisis of religious values. Therefore, the establishment of character values ??must be carried out from early childhood. Some of the efforts that can be made are to build up some character values in early childhood through singing children's songs in the learning process. This research used a phenomenological qualitative type of research. The research subjects were teachers, students, and parents of the Mutiara Kasih Pre-School Mangli Jember. In collecting the data, this study used interview, observation, and documentation techniques. The collected data were analyzed using a spiral analysis The results of the study showed that it was important to build up character values since early childhood because the establishment of character values ??from an early age is considered to be more effective and very influential in the future development of children. Building up character values ??in Mutiara Kasih Pre-School Mangli Jember was done by singing children's songs. Those songs are songs that contain character values. Among the children's songs that have been used by the teacher to instill good character values ??in early childhood are Pelangi-Pelangi, Bangun Tidur, Kasih Ibu, Aku Anak PAUD, Rukun Islam, and Doa Orang Tua. The strategies or techniques that were used in building up character values ??through children's songs to students in Mutiara Kasih Pre-School was done by giving exemplary and make the students to be getting used to doing good things.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai karakter melalui lagu anak. Fenomena yang terjadi saat ini menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang baik di kalangan anak sudah mulai luntur. Faktor penyebab lunturnya karakter anak adalah krisis nilai-nilai keagamaan. Oleh karena itu, Penananaman nilai-nilai karakter harus dilakukan sejak anak usia dini. Upaya yang dapat dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini adalah dengan menyanyikan lagu anak dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis fenomenologis. Subjek penelitiannya adalah guru, peserta didik dan orang tua dari peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mutiara Kasih Mangli Jember. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis model spiral analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter penting untuk ditanamkan sejak anak usia dini karena penanaman nilai-nilai karakter sejak usia dini dinilai lebih efektif dan sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak di masa yang akan datang. Penanaman nilai karakter di PAUD Mutiara kasih Mangli Jember dilakukan dengan menyanyikan lagu-lagu anak. Lagu anak yang dinyanyikan adalah lagu-lagu yang mengandung nilai-nilai karakter. Di antara lagu-lagu anak yang telah dimanfaatkan oleh guru untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang baik pada anak usia dini adalah lagu Pelangi-Pelangi, Bangun Tidur, Kasih Ibu, Aku Anak PAUD, Rukun Islam dan Doa Orang Tua. Strategi atau langkah yang diterapkan dalam menanamkan nilai-nilai karakter melalui lagu anak kepada anak didik di PAUD Mutiara Kasih dilakukan dengan cara memberikan keteladanan dan pembiasaan melakukan hal-hal yang baik.
References
Bogdan, Robert, and Sari Knopp Biklen. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods. 5th ed. Boston: Allyn & Bacon, 2007.
Creswell, John W. Quality Inqiury & Research Design?: Choosing Among Five Approaches. 2nd ed. California: Sage Publications, 2007.
Endraswara, Suwardi. Metodologi Penelitian Folklor?: Konsep, Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Media Pressindo, 2009.
Hasan, Said Hamid. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Balitbang Kemendiknas, 2010.
Jari, Syamsuri. Reformasi Pendidikan Agama Islam Melalui Musik. Malang: Artisia Press, 2006.
Kusumawati, Heni. “Pendidikan Karakter Melalui Lagu Anak-Anak.” Imaji: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni 11, no. 2 (2013). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/imaji.v11i2.3839.
Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our Schools Can Respect and Responsibility. Edited by Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Murtono, Sri. Seni Budaya Dan Keterampilan Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari Dan Keterampilan. Bogor: Yudhistira, 2007.
Salim, Moh. Haitami. Pendidikan Agama Dalam Keluarga?: Revitalisasi Peran Keluarga Dalam Membangun Generasi Bangsa Yang Berkarakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Syarbini, Amirullah. Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Wahyuningsih, Sri. “Lagu Anak Sebagai Media Dalam Mendidik Karakter Anak Usia Dini.” Thufula?: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5, no. 1 (2017): 151–80.
Zuriah, Nurul, and Fatna Yustianti. Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan?: Menggagas Platform Pendidikan Budi Pekerti Secara Kontekstual Dan Futuristik. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 St Mislikhah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is a human-readable summary of (and not a substitute for) the license. Disclaimer.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.