Efektivitas Kegiatan Kolase dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini

Authors

  •   Lina Mardini  Universitas Negeri Padang,  Indonesia
  •   Prima Aulia  Universitas Negeri Padang,  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/gns.v2i2.55
 

Keywords:

fine motor skills, collage making, keterampilan motorik halus, kegiatan pembuatan kolase

Abstract

Abstract

One of problems in early children development is that some children still have stiffness when using their fingers. This study aims to determine the effectiveness of the application of eggshell collage in improving the fine motor skills of children in Harapan Ibu Kindergarten. This study uses a quantitative approach with the type of Quasy Experiment research. The sample of this study includes two classes, the experimental class and the control class, with 15 children. Data collection techniques in the form of tests, observations, and documentation. Based on the results of the post-test scores of the experimental class, there was an increase in the average score of children's abilities from 22.3 to 31.2. Furthermore, the calculation results of the Man-Whitney test show the Asymp value. Sig (2-tailed) 0.000 which is less than 0.05. from these results, it can be concluded that eggshell collage is effectively used to improve children's fine motor skills. Then from the calculation of the effect size test, the result is 1.696 (d > 0.8), then the effect is classified as a high effect.

 

Abstrak

Permasalahan pada penelitian ini terdapat beberapa anak yang masih kaku saat menggunakan jari-jemarinya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan kolase kulit telur dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Harapan Ibu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Experiment. Sampel penelitian ini meliputi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 15 anak. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil nilai post-test kelas eksperimen terjadi kenaikan terhadap jumlah skor rata-rata kemampuan anak dari 22,3 menjadi 31,2. Selanjutnya dari hasil perhitungan uji Man-Whitney, diketahui bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0.000, yaitu lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan pada hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwasanya kolase kulit telur efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Kemudian dari hasil perhitungan uji effect size menunjukkan hasil 1,696 (d > 0,8), maka efeknya tergolong efek tinggi.

References

Ambadar, Jackie, Miranty Abidin, and Yanty Isa. Dari Peluang Menjadi Usaha. Edited by Budhyastuti R. H. and Indradya S. P. 1st ed. Bandung: Kaifa, 2010.

Azis, Muhammad Yudhistira, Tika Rahayu Putri, Fathia Rizoi Aprilia, Yossy Ayuliasari, Oentari Agustin Dwi Hartini, and Mochammad Resya Putra. “Eksplorasi Kadar Kalsium (Ca) Dalam Limbah Cangkang Kulit Telur Bebek Dan Burung Puyuh Menggunakan Metode Titrasi Dan AAS.” Al-Kimiya?: Jurnal Ilmu Kimia & Terapan 5, no. 2 (2018). https://doi.org/https://doi.org/10.15575/ak.v5i2.3834.

Fadlillah, M. Bermain & Permainan Anak Usia Dini. 3rd ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2019.

Hadiyati. “Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus (Kolase) Anak TK Kelompok B Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Dan Pemberian Tugas Dengan Media Kulit Telur.” Literasiologi 1, no. 2 (2019). https://doi.org/https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i2.31.

Mulawarman, Edwindha Prafitra Nugraheni, Amallia Putri, and Thrisia Febrianti. Psikologi Konseling?: Sebuah Pengantar Bagi Konselor Pendidikan. 1st ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2019.

Purnanti, Ni Kadek, Ni Nyoman Ganing, and Ni Wayan Suniasih. “Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Melalui Kegiatan Kolase Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Badung.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 2, no. 1 (2014). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v2i1.3175.

Puspitaningrum, Fatiha Rahma, Siti Wahyuningsih, and Samidi. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Haslus Melalui Media Realia Pada Anak Kelompok A TK Tunas Bangsa Pati Tahun Ajaran 2015/2016.” Kumara Cendekia?: Jurnal Penelitian Pendiidkan Anak Usia Dini 6, no. 4 (2018). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/kc.v6i4.35353.

Ridwan, Wa Ode Diyati, Bambang Sugianto, and Muamal Gadafi. “Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menempel Dengan Menggunakan Kulit Telur.” Jurnal Riset Golden Age PAUD Universitas Halu Oleo 2, no. 3 (2019): 235–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v2i3.9194.

Rohmaniah, Chotimatu, and Ramadhan. Referensi Gambar Mewarnai, Kolase, Montase, Mozaik Dan Aplikasi. PGRI Provinsi Kalbar, 2019.

Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif?: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.

Downloads

Published

29-12-2021

How to Cite

Mardini, Lina, and Prima Aulia. 2021. “Efektivitas Kegiatan Kolase Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini ”. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education 2 (2):141-52. https://doi.org/10.35719/gns.v2i2.55.

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.